Minggu, 02 Juni 2013

Kriteria Manager Proyek Yang Baik

Dalam suatu proyek besar maupun kecil pasti memiliki seseorang pemimpin proyek yang biasa disebut dengan manager. Manager adalah seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi atau kelompoknya yang terdiri dari berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki tujuan yang sama. Sedangkan proyek merupakan gabungan seperti sumber daya manusia, material, machine dan modal/biaya dalam suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai tujuan dalam sasaran dan tujuan. Sifat dari suatu proyek adalah bersifat sementara dan dalam kurun waktu yang dibatasi. Suatu proyek biasanya terjadi karena suatu keperluan yang mendesak karena tuntutan pengembangan dari suatu lokasi tertentu.
Jadi manager proyek adalah seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan kemampuan (skill) serta rasa tanggung jawab yang tinggi untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan hingga penutupan sebuah proyek. Hal-hal tersebut wajib dimiliki oleh seorang manager proyek karena kesuksesan maupun kegagalan proyek berasal dari kerjasama tim yang dibentuk dan dipimpin oleh manager proyek tersebut.

Menurut Shtub (1994) menggambarkan diagram kemampuan yang penting dimiliki untuk seorang manager proyek, yaitu :
  1. Problem Solving, kemampuan manajer dalam menyelesaikan suatu masalah dengan efektif dan efisien.
  2. Budgeting and Cost Skills, kemampuan dalam hal membuat sebuah anggaran biaya proyek, analisis kelayakan investasi agar keuangan proyek dapat berjalan optimal sesuai dengan keinginan penyedia dana.
  3. Scheduling and Time Management Skills, kemampuan untuk menjadwalkan proyek.
  4. Technical Skills, kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam hal proyek, dengan mengetahui prosedur-prosedur dan mekanisme proyek.
  5. Leadership Skills, kemampuan ini penting dimiliki karena apa yang yang dilakukan oleh seorang manajer proyek menandakan bagaimana seharusnya orang lain atau timnya bekerja.
  6. Resource Management and Human Relationship Skills, kemampuan ini adalah masalah utama bagi para manajer proyek. Karena manajer proyek harus memahami akibat dari kegagalan dalam mengelola sumber daya. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk membangun jaringan sosial dengan orang-orang yang terlibat didalam proyek. Seorang manajer proyek juga harus mampu untuk menempatkan diri dalam memberikan keterbukaan dan persahabatan dengan pihak lain, salah satunya menjadi pendengar yang baik.
  7. Communication Skills, seorang manajer proyek harus memiliki kemampuan komunikasi dengan baik, karena jika tidak ada komunikasi yang efektif maka perencanaan sebuah proyek tidak akan berjalan dengan lancar.
  8. Negotiation Skills, untuk memperoleh simpati dan dukungan dari manajemen atas, kemampuan ini sangat penting. Tapi, manajer proyek harus memahami kepentingan manajemen atas sehingga dengan pemahaman ini manajemen proyek dapat melakukan negosiasi dengan pemikiran yang tenang untuk memperoleh apa yang diinginkan.
  9. Marketing, Contracting, Customer Relationship Skills; kemampuan menjual tidak hanya dimiliki oleh seorang marketing, tetapi seorang manajer proyek harus memiliki kemampuan untuk memasarkan hasil proyeknya. Selain itu, kedekatan dengan para konsumen juga sangat diperlukan, manajer proyek harus responsive terhadap perubahan kebutuhan dan persyaratan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Dalam sebuah proyek kekagagal pasti pernah dialami juga, berikut penyebab kegagalan majemen proyek :
  • Kegagalan membentuk komitmen manajemen atas (para pemimpin) pada proyek.
  • Kurangnya komitmen organisasi pada metodologi pengembangan sistem.
  • Mengambil jalan pintas melalui atau disekeliling metodologi pengembangan sistem.
  • Manajemen ekspektasi yang jelek.
  • Komitmen dini pada anggaran dan jadwal tetap.
  • Teknik-teknik perkiraan yang jelek.
  • Terlalu optimis.
  • The mythical man-month.
  • Keterampilan manajemen orang yang tidak cukup.
  • Gagal beradaptasi dengan perubahan.
  • Sumber daya tidak cukup karena perkiraan yang jelek, prioritas-prioritas lain, sumber daya staff yang dilibatkan tidak memiliki keterampilan dan pengalaman.
  • Gagal mengelola rencana.
Dari kedua belas point diatas penyebab kegagalan proyek kebanyakan manager proyek tidak dilatih dan dididik menjadi manager proyek, seharusnya manager proyek trampil dalam seni manajemen proyek.




Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar