Minggu, 02 Juni 2013

Anjuran Menggunakan Software Open Source Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Gambar 1. Logo-Logo Software Open Source

Apa itu Software Open Source ?
Open Source Software menurut Esther Dyson (1998), didefinisikan sebagai perangkat lunak yang dikembangkan secara gotong-royong tanpa koordinasi resmi, menggunakan kode program (source code) yang tersedia secara bebas, serta didistribusikan melalui internet. Open Source Software identik dengan Free Software. Perlu digaris bawahi, definisi free disini bukan berarti gratis, namun berarti bebas. Bebas ini dijabarkan menjadi empat buah, yaitu :
  • Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja.
  • Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat.
  • Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama.
  • Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarkannya ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat juga. 

Keuntungan Menggunakan Software Open Source
  1. Software open source ini bersifat legal atau resmi.
  2. Mudah dalam penginstalan, dan penggunaannya.
  3. Penyelamat devisa negara, dengan menggunakan solusi berbasis open source, maka dapat dilakukan penghematan devisa negara secara signifikan. Kemudian dana tersebut dapat dialokasikan ke usaha-usaha untuk kesejahteraan rakyat.
  4. Bebas biaya tambahan dari biaya lisensi karena bersifat GNU/GPL (General Public License) yang justru membolehkan kita untuk menggunakan, mempelajari dan memodifikasi serta menyebarluaskan untuk umum.
  5. Keamanan Negara/Perusahaan.
  6. Keamanan Sistem, mulai dari virus, trojan, spyware, dan berbagai macam keamanan sistem lainnya yang sudah banyak dikenal para pengguna komputer.
  7. Dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software.
  8. Transfer knowledge, open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari source code-nya bisa kita jadikan referensi pembelajaran khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IS/IT.
  9. Pengguna bisa mendevelope software open source ini, sehingga semakin baik dan berkembang.

Kerugian Menggunakan Software Open Source
  1. Masalah yang berhubungan dengan intelektual properti. Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatenkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software dipatenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual properti.
  2. Tidak ada garansi dari pengembangan, biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.
  3. Kurang banyak orang yang mengetahui tentang software open source sehingga masih kurang orang untuk mengembangkan dan memanfaatkan software open source  ini.
  4. Kesulitan dalam mengetahui status projectTidak banyak iklan bagi software open source  biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.
Saya merupakan salah satu dari ribuan orang yang menggunakan software open source dari sekian banyak software open source yang sering saya gunakan adalah Open Office, GIMP, Mozila Firefox, Android, dan ubuntu. Dalam Laboratorium tempat saya bekerja (Laboratorium Manajemen Menegah, Universitas Gunadarma) ini digunakan untuk praktek praktikan kami dalam mata praktikum, Marketing Komunikasi (dengan software Open Office dan GIMP), Internet dan Jaringan, dan E-Commerce (dengan software Mozila Firefox).
Kampus Universitas Gunadarma juga merupakan salah satu Universitas yang mendukung penggunaan dan pengembangan software open source.

Dalam Software Open Office sama seperti hal nya lembar kerja pada Microsoft Windows, dalam Open Office banyak lembar kerja yang anda butuhkan dalam satu tampilan seperti :
  • Text Document, untuk membuat lembar kerja berbentuk document. Dalam Windows biasa dikenal dengan Ms. Word.
  • Presentation, untuk membuat tampilan presentasi. Dalam Windows biasa dikenal dengan Ms. Power Point.
  • Database, untuk membuat suatu database. Dalam Windows biasa dikenal dengan Ms. Access.
  • Spreadsheet, untuk menghitung suatu angka dengan menggunakan formula/rumus. Dalam Windows biasa dikenal dengan Ms. Excel.
  • Drawing, untuk membuat gambar atau desain. Dalam Windows biasa dikenal dengan Ms. Visio.
Gambar 2. Tampilan Open Office
Kelebihan dari Open Office :
  • Bila ingin membuka lembar kerja baru yang berbeda format sudah disediakan menunya, sehingga pegguna tidak perlu keluar dari lembar kerja yang sedang dikerjakan.
  • Mudah dalam penggunaan, user interface yang apik, dan banyak kelebihan yang dimiliki dibanding dengan Microsoft Windows.
  • Data yang dikerjakan dapat langsung disimpan dalam format .pdf
Berikut web resmi Open Office :  http://www.openoffice.org/

Software GIMP (GNU Image Manipulation Program) biasanya digunakan dalam hal mendisain, mengedit, menggambar, memberi efek suatu gambar sehingga gamabr terlihat lebih bagus. GIMP versi terbaru adalam GIMP 2.8 yang dapat diunduh di web resmi GIMP : http://www.gimp.org/

Software Mozila Firefox merupakan satu dari puluhan browser yang ada untuk menjelajah dunia internet. http://www.mozilla.org/en-US/ adalah web resmi dari Mozila Firefox.


Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar