Rabu, 11 Mei 2011

Struktur Organisasi


Sebelum membahas lebih jauh tentang struktur organisasi, saya akan memberikan pengertian organisasi terlebih dahulu. Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian. Sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia).

Menurut Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer menengah tujuan bersama.
Dari dua pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa organisasi merupakan suatu hubungan yang terdiri dari seorang atasan (sebagai pemimpin organisasi) atau manajer dan memiliki bawahan yang saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Struktur organisasi
adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi ini menggambarkan batasan pekerjaan yang dilakukan oleh masing-masing bagian.

Desain organisasi adalah penyusunan dan pengubahan struktur organisasi.
Ada 6 elemen kunci yang perlu diperhatikan dalam mendesain struktur, sebagai berikut :
  1. Spesialisasi pekerjaan atau pembagian pekerjaan sesuai dengan jabatannya.
  2. Departementalisasi, untuk mengelompokka sejumlah pekerjaan menjadi satu kelompok atau grup.
  3. Rantai komando, garis wewenang yang tanpa putus membentang dari tingkatan atas organisasi ke tingkatan paling bawah dan menjelaskan siapa bertangggung jawab kepada siapa.
  4. Rantai kendali, jumlah bawahan yang dapat diarahkan secara efisien dan efektif.
  5. Sentralisasi dan Desentralisasi. Sentralisasi adalah tingkat pengambilan keputusan yang berada pada satu titik organisasi, sedangkan desentralisasi adalah tingkat pengambilan keputusan yang berada pada banyak titik atau karyawan (bawahan ) memberi masukan/ mengambil keputusan.
  6. Formalisasi, pekerjaan dalam organisasi itu terstandarisasi dan perilaku karyawan dibimbing atau diatur sesuai prosedur yang berlaku.


Gambar diatas adalah salah satu contoh struktur organisasi, yang menggambarkan hubungan dari atasan sampai bawahan (karyawan) yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Struktur organisasi banyak digunakan didalam perusahaan, struktur ini digunakan agar mudah dalam memantau semua perkembangan atau perubahan dalam perusahaan tersebut.
Dalam struktur organisasi akan terjalin hubungan antara atasan dan bawahan, serta hubungan antar lini. Hubungan ini harus terjalin dengan baik agar tujuan dalam organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan dapat mewujudkan cita-cita (tujuan) organisasi tersebut.




Referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/struktur-organisasi-lini-staff/
http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi
http://organisasi.org/pengertian-struktur-organisasi-serta-empat-elemen-di-dalamnya-ilmu-pengetahuan-ekonomi-manajemen
http://www.docstoc.com/docs/16675861/Struktur-Organisasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar