Minggu, 01 Mei 2011

Gaya Hidup Sehat

Semua orang mengidam-idamkan mempunyai tubuh yang sehat, bugar dan bagus tapi untuk mencapai semua itu kita harus menjaga pola hidup kita, mulai dari pola makan, pola tidur, hingga semua kebiasaan sehari-hari kita harus kita jaga. Saya akan memberikan sedikit tips semoga bermanfaat bagi semua :)


1. Jangan Merokok

Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan, disamping menyebabkan banyak tipe penyakit yang akan menyerang tubuh kita seperti kanker, penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin dan penyakit lainnya seperti yang tertera pada setiap bungkus rokok.
Rokok mengandung lebih dari 4.000 zat-zat dan 2.000 diantaranya telah dinyatakan berdampak buruk bagi kesehatan kita, zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin, dan Karbon Monoksida. Tar mengadung kurang lebih 43 bahan yang menjadi penyebab kanker. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan inilah yang menyebabkan para perokok sulit untuk berhenti dari kebiasaan merokoknya, tidak hanya itu nikotin juga merupakan zat yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25% dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok. Maka dari rokok sangat berbahaya bagi kesehatan.


2. Olahraga Teratur

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misal catur). Dengan berolahraga metabolisme tubuh kita menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh apalagi bila dilakukan secara rutin akan membuat tubuh kita bugar, sehat dan tidak mudah sakit, selain itu manfaat olahraga diantaranya meningkatkan kemampuan otak kita, mengurangi stress, menambah rasa percaya diri, meningkatkan daya tahan tubuh, menunda penuaan dini, dan yang terpenting tubuh kita akan selalu sehat karena tubuh mengeluarkan keringat, keringat tersebut membawa dan mengeluarkan zat-zat kotor dalam tubuh kita.
Banyak kegiatan olahraga yang dapat kita lakukan seperti basket, sepak bola, futsal, jogging, renang, voli, tenis, golf, hoki, berkuda, balapan sepeda, bisebol, wushu, catur, bulu tangkis, boling, senam dan lain sebagainya. Lakukanlah olah raga minimal seminggu dua kali.


3. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Makan merupakan kebutuhan yang wajib bagi manusia, karena makanan dapat membantu tubuh kita dalam mendapatkan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari, membantu pertumbuhan badan dan otak. Makanan yang dimakan harus bergizi dan harus mengandung banyak nutrisi di dalamnya seperti vitamin, mineral, zat besi, protein, karbonhidrat, lemak, dan lain sebagainya. Nutrisi tersebut dapat kita peroleh dari memakan-makanan seperti nasi, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan susu atau yang biasa disebut dengan 4 sehat 5 sempurna.
Makanan yang enak belum tentu sehat, makan yang kita konsumsi haruslah yang higienis (bersih), perhatikan kebersihan makanan yang kita makan jangan mudah tergiur untuk jajan sembarangan karena bila kita makan-makanan yang sembarangan dan tidak bersih akan menyebabkan tubuh terserang penyakit seperti typus. Dan jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari atau kurang lebih 2 liter sehari.


4. Jangan Mudah Stess

Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. (ref: edy64). Banyak faktor pemicu stress baik dari faktor lingkungan, faktor pribadi maupun faktor dalam organisasi. Untuk menghindari stress kita dapat mengendalikan diri kita, fikiran kita, alihkanlah semua ke sesuatu yang positif dan yang paling penting kita harus selalu ingat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT niscaya semua akan berjalan lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan.



5. Tidur atau Istirahat yang Cukup


Normalnya manusia istirahat atau tidur sehari itu 8 jam, tidak boleh lebih atau kurang karena bila waktu istirahat kita kurang atau lebih akan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari.



Ingat, sehat itu mahal harganya makanya kita harus menjaga kesehatan kita mulailah dari gaya hidup sehat yang sederhana ;)

Demikianlah tips dari saya semoga dapat berguna bagi semuanya... :)







Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Rokok

http://ridwanaz.com/kesehatan/ingin-tahu-lebih-detail-bahaya-rokok-bagi-kesehatan-kita/

http://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga

http://gayahidupsehat.org/manfaat-olah-raga-bagi-kesehatan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Makanan

http://id.wikipedia.org/wiki/Stress

http://organisasi.org/tips-cara-menjaga-tubuh-tetap-sehat-dengan-pola-hidup-sehat-panduan-kesehatan-online-gratis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar