Rabu, 10 November 2010

Komunikasi Itu Penting


Pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari membuat orang semakin respect terhadap kemajuan perkembangan teknologi seperti internet, zaman sekarang siapa sih yang tidak tahu internet... dari anak kecil hingga orang tua pun tahu (semua kalangan). Contoh yang paling mudah adalah facebook, fecebook adalah salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia tampilannya yang sederhana dan mudah untuk digunakan dan dimengerti. Tidak hanya facebook, ada juga twitter, plurk, yahoo! messenger dan lain sebagainya jejaring-jejaring sosial tersebut dapat menghubungkan semua orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu.

Sebelum membahas lebih jauh apa sih arti komunikasi, komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak atu lebih. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya atau lebih, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Tidak hanya komunikasi melalui internet seperti yang telah saya bicarakan sebelumnya, melalui handphone atau telepon seluler pun komunikasi bisa sangat mudah dilaksanakan bahkan setiap waktu dapat dilakukan oleh semua orang karena handphone lebih dahulu muncul dimulai pada tahun 1921 sedangkan internet yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Dengan komunikasi kita bisa mengetahui kabar saudara, teman, pacar, keluarga, bahkan teman-teman masa kecil kita yang sudah terpisah lama tapi kita masih bisa mengetahui kabar mereka melalui telepon seluler atau internet. Dalam hal komunikasi dan teknologi kita sebagai anak muda generasi penerus bangsa harus bisa memajukan dan mengembangkan terus agar kita tidak kalah saing dengan negara-negara maju dan berkembang lainnya.



Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar